04 Juni 2011

God do not sleep.

Melihat sejenak ke masa 4 bulan yang telah lewat. Awal semester 6, benar-benar semester yang kacau bagi saya. Dan, Oh, secara kebetulan saya harus mendapat ilmu dari salah satu dosen yang paling saya segani dan takuti.  Dan secara kebetulan juga minggu pertama sudah mendapat tugas menuju kampus Dayeuh Kolot men cari skripsi dan oh, ternyata sangat melelahkan.
Beberapa minggu kemudian, tugas semakin menumpuk dan saya berada dalam kadar sudah merasa lelah secara fisik dan psikis. Semakin diperparah karena pada saat hari saya harus bertemu untuk mengumpulkan tugas, saya sakit dan beliau tak datang karena sakit, sehingga jadwal diundur sampai beberpa hari berikutnya.
Saya pergi lagi untuk mengumpulkan tugas beberapa hari berikutya sambil mencak-mencak dalam hati sambil mengendarai motor saya diatas flyover Surapati. "Bagaimana kalau dia tak datang lagi? kalau dia sakit lagi? saya juga sakit?! tapi saya datang, saya bisa, kenapa dia tidak? Saya juga lelah, secara fisik dan mental. Saya malas jadinya kalau begini. Apalagi kalau dia marah-marah, padahal kan saya datang. Nah, belum lagi nilai dari ini semua, apa dia mau kasih nilai besar?! Apa dia peduli dengan orang seperti saya yang sakit dan masih datang? Dia tak akan tahu, tak akan pernah tau dan tak peduli..." Protes saya.
Tapi sesaat kemudian, saya ingat sesuatu. Dosen itu tak pernah tahu, tapi Tuhan tahu. Tuhan tak tidur, Tuhan melihat manusia yang berusaha dan Tuhan lah yang memberi nilai, dosen hanya menuliskan, dan bukankah kita yang memantaskan diri kita untuk semua nilai yang kita dapatkan? Saya terima pemikiran itu. Saya kerjakan semuanya semampu saya dan teman-teman kelompok saya, dan kemarin kelompok saya dianggap sebagai kelompok yang mengerjakan cukup baik di kelas.
Entah pujian atau apa, yang jelas ada sebuah perasaan senang dalam diri saya. Tak sia-sia kami lelah dan capek dalam mengerjakan tugas itu dan ada hasilnya, a compliment from the teacher that i'm really scared of.
Ya, Tuhan tak pernah tidur, perjuangkan lah yang memang patut kita perjuangkan. Tak ada kesia-siaan bila telah berusaha, Tak akan ada hasil bila tak berbuat. Just believe and do it right!

2 komentar:

petsocapturo mengatakan...

Yan, gue kasih A sebagai perwakilan dari si Bapak-Dosen-yang-namanya-sengaja-gue samarkan-untuk-menghindari-kontroversi-di-kalangan-remaja

rsugandy mengatakan...

Hwahahahaha,, mudah-mudahan dapat segitu juga