16 April 2011

My Favorite Books

1. Fight Club --Chuck Palahniuk
Sebelum membaca buku ini, saya lebih dulu menonton filmnya. Diperankan oleh Brad Pitt dan Edward Norton, versi filmnya benar-benar keren! Buku ini menceritkan tentang seorang narator yang membuat sebuah klub, bersama satu orang tokoh yang bernama Tyler Durden. Klub tersebut akhirnya mempunyai pengaruh yang luar biasa dalam masyarakat dan menarik banayk pengikut. Akhir cerita, ternyata Tyler adalah alter ego dari narator sendiri yang menderita schizoprenia. 

2. The Professor and The Madman
Buku in meceritaka tentang sejarah pembutan Oxford English Dictionary beserta para tokoh penggagas pembuatnya, dimana rupanya salah satu kontributor dari Oxford English Dictionary ini merupak seorang pembunuh dan menderita schizoprenia.

3. Lupus
Serial Lupus adalah serial novel remaja yang populer tahun 80an dan 90an dari seorang penulis Hilman. Cerita-cerota tentang Lupus lebih banyak berasal dari pengalaman pribadi penulisnya sendiri. Certa Lupus sangat berbeda dengan kebanyakan novel yang ada pada waktu itu yang banyak menggunakan kata baku dan bahasa yang sangat kakku untk remaja. Sedangkan novel Lupus lebih banyak menggunakan bahasa kasual sehari-hari anak muda di kota-kota besar tetapi tidak kehilangan nilai-nilai moral yang ingin disampaikan dalam ceritanya. Serial Lupus juga pernah dibuat versi layar lebarnya dan diperankan oleh alm. Ryan Hidayat.

4. Jomblo dan Gege Mengejar Cinta 
Kedua buku ini adalah buah karya dari penulis Adhitya Mulya. Gaya penceritaan yang lepas serta kocak membuat para pembaca buku ini tetap penasaran untuk terus membaca tiap halaman dari buku ini. Bovel Jomblo bercerita tentang 4 orang mahasiswa jomblo yang berusaha menghilangkan status ke-jomblo-an mereka. Sedangkan Gege Mengejar Cinta, bercerta tentang Gege yang.....ya, mengejar cintanya. Anyway, kedua buku ini benar-benar lucu dan cocok menjadi hadiah buat teman-teman kamu yang lucu. FYI : Jomblo juga udah dibuat versi filmnya. 

5. Tetralogi Laskar Pelangi
Siapa sih yang engga tahu tentang Laskar Pelangi? Cerita tentang seorang anak yang bernama Ikal dalam mengejar mimpi-mimpinya yang harus mengalami berbagai hal lucu dan mengharukan dalam mewujudkannya. Cerita dari Laskar Pelangi ini adalah pengalaman pribadi sang penulis, Andrea Hirata. Dua judul dari Tetralogi buku ini sudah dibuat filmnya. Saya engga sabar buat nonton film yang ketiga.

6. Buku Pramoedya Ananta Toer
Saya susah sebenarnya kalau diminta harus menyebutkan judul yang paling saya suka, karena menurut saya semua buku yang dia tulis benar-benar bagus dan 'berisi'. Sebagian besar judul buku dari Pramoedya Ananta Toer dilarang terbit di Indonesia pada era Orde Baru, tetapi sejak era Reformasi bergulir, bukunya sekarang sudah bisa didapat di toko buku, kecuali memang beberapa judul buku yang sudah hilang dan entah kemana. Pramoedya Ananta Toer adalah salah satu penulis terbaik Indonesia, coba baca bukunya!

7. Orang Baik Sulit Dicari
Orang Baik Sulit Dicari adalah kumpulan artikel tentang kebudayaan dan masyarakat yang ditulis oleh Jacob Soemardjo. Buku ini banyak bercerita tentang falsafah hidup dalam bermasyarakat dan pribadi. Buku ini sederhana tapi punya banyak makna. Selain itu, harganya waktu saya beli juga murah, engga lebih dari 20 ribu. 

Well, segini dulu, nanti saya share lagi soal buku yang saya suka. :)

Tidak ada komentar: