24 Februari 2011

My Favorite Korea Variety Show

Kita lupakan sejenak bicara yang serius dan absurd tentang kehidupan saya. Biar saya sedikit berbagi soal salah satu hal yang saya suka selain buku dan gitar : acara variety Korea! Ya, mungkin rasanya aneh kok saya bisa suka hal yang begitu...Korea. saya juga enggak tahu kenapa, tapi penyebab tidka penting karena bukan itu yang ingin saya bahas. saya ingin membahas tentang acara variety Korea yang saya sukai.
Mungkin memang sudah menjadi budaya televisi di Korea atau Jepang. Dari Jepang sendiri munghkin ada beberapa acara yang pernah tampil di tv nasional semacam Takeshi Castle, Masquarade, TV Champion dan yang yang saya lihat di salah satu tv lokal yaitu 26 Hours a Day. Acaranya memang cukup menarik, tapi saya hanya selintas saja melihatnya, tidak terlalu ngefans atau bagaimana.
Tapi saat saya menonton acara variety korea, ada perasaan berbeda. saya benar-benar terhibur dan tertawa dengan semua kejadian di acara tersebut. Salah satu acara favorit saya adalah Family Outing. Family Outing mempunyai konsep acara dimana para selebriti  mempunyai tugas untuk menjaga rumah dan menjalankan tugas dari sang pemilik rumah yang sedang berlibur (outing), nantinya selain menjaga rumah mereka para selebriti tersebut harus melakukan berbagi games yang dipandu oleh seorang MC, Yoo Jae Suk. Orang ini yang membuat saya kesengsem sama variety korea, bodornya engga ada dua buat saya. He is really a funny guy~!
Tapi sayang, karena ratingnya terus turun dan Yoo Jae Suk yang ingin lebih berkonsentrasi pada keluarga, Family Outing harus selesai di episode 84 dan satu episode tambahan untuk acara penghargaan. Setelah Family Outing selesai, sebenarnya acaranya dilanjutkan dengan Family Outing 2, tapi sayangnya acara ini kurang berhasil karena dianggap terlalu menonjolkan para idol yang menjadi pengisi acaranya dan kurang terciptanya suasana kekeluargaan yang biasa dilihat di Family Outing pertama dan berakhir pada episode 15.
Karena saya kadung nge fans sama Yoo Jae Suk, saya akhirnya mencari acara-acara lain yang ada dianya, dan acara variety selanjutnya yang saya tonton adalah acara Infinity Challenge (Muhan Doejon). Format acara ini  adalah para MC dari acara ini harus melakukan berbagai tantangan yang diberikan oleh produser dari acara ini. Inti tujuan dari acara ini adalah : giving big laughter to every viewer--intinya harus lucu-selucu-lucunya bagi pemirsa. Hal ini wajar, karena para MC di acara ini umumnya adalah para gagmen (sebutan bagi komedian/pelawak di Korea). Pengisi tetap acara ini diantaranya Yoo Jae Suk sebagai leader, Park Myung Soo sebagai orang nomor 1.5 di acara ini, Jung Jun Ha, Hyung Don, Noh Hong Cul, dam Haha. Untuk Haha sempat vakum dari tahun 2008 hingga 2010 karena harus menjalani wajib militer dan digantikam oleh Jun Jin  dari Shinwa, sampai akhirnya Jun Jin juga harus vakum karena harus menjalani wajib militer tahun 2009, kemudian acara ini juga merekut anggota baru Gil dari Lessang, dan line-up terakhir hingga tahun 2011 adalah Yoo Jae Suk, Park Myung Soo, Jung Jun Ha, Jung Hyung Don, Noh Hong Cul, HaHa, dan Gils  
Acara ini sudah running sejak tahun 2006 hingga sekarang (2011), masih menjadi salah satu acara variety dengan rating terbaik dan mempunyai banyak fans di seluruh dunia. Acara ini buat saya selain menghibur juga sangat menginspirasi saya, karena selain lucu acara ini uga menekankan keterikatan emosional kepada para pemirsanya dengan membuat program/tantangan jangka panjang yang biasanya berupa produk (contohnya Project Calendar atau Rice Harvest) atau suatu event yang hasil kegiatannya akan diberikan dalam bentuk beasiswa kepada mahasiswa universitas. Kegiatan sosial yang menguntungkan dan patut ditiru di negara ini menurut saya, karena image dari acara ini akan menjadi baik sekaligus bermanfaat bagi masyarakat. Ya, asal jangan plagiat saja.
Acara vairety lainnya yang dipandu oleh MC Yoo Jae Suk adalah Come to Play dan Happy Together. Kedua acara ini adalah acara talk show yang juga menurut saya sangat lucu dan menghibur. Di kedua acara ini, para selebriti Korea membagi perasaan dan pemikiran mereka tentang kehidupan yang mereka alami. Saya kurang mendapat info sejarah dari kedua acara itu tetapi kedua acara tersebut berisi obrolan ringan yang cukup menghibur bagi saya.
Next, acara favorit saya adalah Running Man. Masih ingat tentang Family Outing 2 yang harus di-cut pada episode 15 tadi? Nah, ini adalah acara pengganti dari Family Outing 2 tadi. Acara ini dipandu juga oleh Yoo Jae Suk (famous banget ini orang ya? Iyalah, julukannya aja MC Nation). Format acara ini adalah...ya, intinya sih lari. Saya sudah menonton hingga episode 25, dengan format yang berbeda tiap episodenya tetapi pada segmen terakhir selalu diwajibkan dilakukan acara kejar-mengejar dari pengisi acara ini untuk menyelesaikan misi mereka, bila gagal mereka harus melakukan hukuman di akhir acara (biasanya yg cowok pake hotpants, yang cewek pake kumis atau jenggot palsu).
Last but not least, We Got Married. We Got Married adalah acara variety dimana selebriti Korea pura-pura menjadi suami-istri......fictional marriage. Khusus buat acara ini, pasangan yang saya suka adalah Goguma Couple atau YongSeo Couple. YongSeo Couple adalah pasangan  Yong Hwa dari CN Blue dan SeoHyun dari SNSD. They are so cute together and they're look great wth each other. They really should have official relationship outside the show! :D
Well, saya kira segitu dulu lah ya sharing soal variety Koreanya. Kapan-kapan saya sambung lagi kalau ada yang nyangkut di hati lagi. Hehehe.. Bbyoung~!

Tidak ada komentar: