08 Juli 2011

Kenapa kita berpikir?

Secara sengaja, saya cari lagi diktat mata kuliah Logika yang disusun oleh B. Arif Sidharta saya waktu masih kuliah di Unpar dan ternyata diktat tersebut memang bagus isinya. Ada satu bagian yang saya cukup ingat dari diktat itu yaitu tentang faktor yang memaksa manusia berpikir. Faktor-faktor yang memaksa manusia berpikir atara lain : 
1. Jika pernyataan atau pemikirannya dibantah oleh orang lain (atau dirinya sendiri)
2. Jika dalam lingkunganya terjadi perubahan secara mendadak, atau terjadi peristiwa yang tidak diharapkan
3. Jika ia ditanya
4. Dorongan rasa ingin tahu

Nomer 1 sampai 3 tentunya sering terjadi dalam kehidupan saya sebagai mahasiswa, contoh kongkritnya adalah ya kalau engga kuis dari dosen, ya ujian. Tapi jarang saya lihat dalam kegiatan sehari-hari faktor yang nomor 4, Dorongan rasa ingin tahu. Ingin tahu terhadap suatu keilmuan. Banyak mahasiswa sekarang yang penting nilainya bagus, IPK nya 4, ingin lulus cepat dtambahi gelar cum laude tapi sama sekali tidak mengerti  dan mendalami apa yang sudah pelajari. Ya, enggak salah-salah juga sih, siapa juga yang engga bakal bangga dengan semua itu? Tapi,  ya sudahlah, motivasi manusia memang beda-beda. 

Tidak ada komentar: