24 Maret 2013

Kenapa Ridwan Kamil untuk Bandung?


saya pertama kali tahu Ridwan Kamil di acara TEDxBandung di Saung Angklung Udjo Bandung, sekitar tahun 2011. saya sebenarnya kurang tahu beliau itu sebenarnya siapa dan apa yang dia kerjakan. kemudian dia membahas tentang sebuah gerakan yang dinamakan Indonesia Berkebun. Dengan konsepnya tersebut, dia berusaha menggiatkan urban farming di kota-kota besar di Indonesia. kegiatan urban farming ini diharapkan makan bisa membuat lahan-lahan tidur yang ada di kota besar di Indonesia bisa kembali menjadi produktif dan menambah lahan hijau di kota-kota besar di Indonesia. Gerakan ini hampir sudah menyentuh kota-kota besar di Indonesia dan banyak partisipannya.
dan saya pikir, siapa orang yang punya ide macam ini? dan setelah saya browsing ternyata dia beserta kawan-kawannya mendirikan Bandung Creative City Forum, buat yang belum tahu, selama beberapa tahun belakangan ini ada huruf besar bertuliskan DAGO yang terletak di bawah flyover Dago. Nah itu, adalah salah satu gagasan dari forum tersebut. Selain itu forum ini juga menggagas berbagai macam event yang biasa disebut dengan Helarfest yang isinya berisi berbagai macam kegiatan yang diadakan di kota Bandung. Selain untuk menarik wisatawan, tentunya kegiatan ini dimaksudkan untuk mewadahi berbagai komunitas kreatif yang ada di kota Bandung.
apa lagi yang dia bikin? program bikeBDG juga dia yang menggagas. Selain sibuk dalam kegiatan sosial, Ridwan Kamil juga menjadi dosen dan sekaligus mempunyai perusahaan konsultan arsitektur di Bandung. Dia juga menjadi penyiar di salah satu radio swasta di Bandung yang menyajikan berbagai info unik dan menarik tentang kota Bandung (saya lupa nama programmnya apa. Dia juga menjadi host di salah satu tv lokal di BAndung yang menyajikan berbagai masalah kota Bandung dan bagaimana cara mengatasinya.
Pokoknya banyak banget kegiatan Ridwan Kamil ini, dan sebagian besar dia persembahkan untuk kota Bandung. Tapi sayang sekali, banyak ide yang terbuang begitu saja dan sempat diimplementasikan untuk mengatasi masalah di kota Bandung karena berbenturan kepentingan politik di kota Bandung.
dan saya pikir, keknya kalo jadi walikota Bandung, bagus juga ini dengan ide segar dan tentunya tanpa kepentingan politik yang tinggi, banyak masalah di kota Bandung ini yang bisa terselesaikan.
dan di tahun 2013 inilah, rupanya keinginan saya itu tercapai! Ridwan Kamil mencalonkan diri menjadi walikota Bandung selanjutnya. Jujur saja, saya sangat senang dengan pencalonan beliau karena sedikit membuka harapan untuk kota Bandung yang lebih baik. Beberapa tahun belakangan ini BAndung memang punya banyak masalah, mulai dari PKL sampai yang paling sering saat ini adalah banjir cileuncang.
Ridwan Kamil menjadi sebuah alternatif paling ampuh dalam menangani berbagai masalah di kota Bandung sekarang ini. Kenapa? Karena berbeda dengan calon lainnya, dia sudah bergerak dari awal. dia sudah bekerja duluan untuk menciptakan kota BAndung yang lebih baik. Calon yang lain? saya baru tahu dari poster dan baligo saja, program nyata sebelumnya mana ada?
dia tidak terlibat dalam kegiatan politik sebelumnya, berbeda dengan calon lainnya yang sudah masuk dalam kegiatan politik sebelumnya. sehingga mesti banyak mengutamakan kepentingan politik partai mereka. Dan jatuh-jatuhnya sama seperti pengelolaan kota Bandung macam sekarang yang semrawut dan acak-acakan.
Jadi, menurut saya, Ridwan Kamil adalah salah satu solusi terbaik dalam pemilihan walikota Bandung kali ini. alternatif terbaik untuk perubahan kota Bandung yang lebih baik. insya allah.

Tidak ada komentar: